2012, Ducati Gunakan Mesin 900cc



BOLOGNA - Bos Ducati Filippo Preziosi berencana melakukan perubahan radikal pada motor Ducati Desmosedici yang akan menjadi andalan pada 2012 nanti. Kabarnya, Preziosi berencana menggunakan mesin dengan kapasitas 900cc. Benarkah?

Rencana perubahan radikal yang diusung Preziosi kali ini memang tak terlepas dari wacana bahwa mulai 2012, MotoGP akan menggunakan mesin dengan kapasitas maksimal 1000cc. Hingga saat ini, wacana perubahan aturan tersebut masih digodok oleh sejumlah tim-tim kontestan MotoGP.

Dengan akan diterapkannya aturan baru tersebut, Preziosi mulai bekerja dengan membangun prototype motor yang dikontrol dengan piranti elektronik yang canggih. Selain itu, ia juga berencana menaikkan kapasitas mesin menjadi 930cc dengan konsep V4.

“Kami telah mulai megkonsep desain untuk menetapkan pemindahan terbaik untuk pengiriman power dan konsumsi bahan bakar. Kami tengah serius mengerjakan area tersebut,” papar Preziosi sebagaimana dikutip SpeedTV, Jumat (28/5/2010).

“Belum jelas bahwa 1000cc merupakan solusi terbaik, masih ada sejumlah kompromi. Jadi, menggunakan mesin 900cc merupakan yang paling ideal, atau paling tidak menambahnya menjadi 930. Dan mungkin, pemindahan kapasitas mesin ini akan terus berubah dari tahun ke tahun, tergantung pada perkembangan yang terjadi,” tambahnya.

“Sekali kami membuat keputusan final, saya pikir prototype untuk motor baru akan siap diujicobakan pada pertengahan 2011 nanti,” tutupnya.(acf)

No comments:

Post a Comment